KAMUS GEOGRAFI

AA istilah yang digunakan untuk memberikan nama kepada block lava

ABERRAATION Berkaitan denganperpindahan semu arah berkas cahaya bintang sebagai akibat gerak rotasi bumi, sehingga berkas cahaya itu jatuh miring

ABLATION, ABLASI Bekaitan dengan mencairnya serta menguapnya es gletsyer. yang berarti pula :

1. pindahnya butir-butiran batuan oleh hembusan angin

2. hilangnya lapisan permukaan meteorit dan tektit selama perjalanan    menuju bumi.

ABRATION, ABRASI kegiatan angin yang mengandung pasir yang mengikis permukaan batuan dengan tenga yang sangat kuat.

Abrasi merupakan melepasnya butir-butiran batuan dari batuan induknya yang disebabkangesekan batuan lain yang terbawa oleh angin, air, atau oleh es.

ABRASSION PLATFORM merupakan pantai yang duratakan akibat pekerjaan erosi marine, yaitu ombak yang terus menerus memukul pantai cliff akhirnya membuat pantai terjal tersebut runtuh dan akhirnya pantai menjadi rata.

ABSOLUTE DROUGHT waktu/massa sekurang-kurangnya lima hari berturut-turut yang hanya menerima curah hujan(CH) kurang dari 0,2 mm.

ABSOLUTE HUMADITY kandungan uap air yang terdapat pada suatu unit volume udara. Biasanya dinyatakan dengan berapa gram uap air pada setiap m3 udara

ABSOLUTE LOCATION Posisi gegrafis absolut suatu tempat. Ada dua pengertian :

a). letak absolut ditentukan oleh garis lintang dan garis bujur, dimana letak yang demikian tetap dan tidak dapat diubah

b). letak relativ, posisinya dapat berubah

ABSORPTION OF RADIATION, penyerapan radiasi ketika menembus suatu materi. Energi yang diserap biasanya dirubah menjadi energi panas

ABYSASAL, Bagian dasar laut yang dalamnya lebih dari 4.000m. Sinar matahari tidak menembus ke daerah ini sehingga tidak terdapat  tumbuhan laut. Tetapi fauna masih ada, jenisnya berbeda-beda sehubungan dengan perbedaan temperatur, oksigen dan makanan. Temperatur airnyasekitar 0,3C  di sekitar laut laut pada lintang 20 LS, sedangkan didaerah ekuator sekitar 0,7C.

ABYSSAL DEPOSIT, Material endapan yang menutupi dasar daerah abysus, umumnya terdiri dari ooze dan clay.

ABYSSAL RROCK, Batuan abysal, batuan yang terbentuk jauh di dalam bumi. Persamaanya adalah batuan plutonik.

ACCUMULATION, MUNTAIN OFF, Istilah ini dipergunakan untuk gunung yang terbentuk karena gundukan materi yang keluar dari lubang kepundan, baik melalui eksplosif maupun lelehan. Gunung ini biasanya tinggi, bentuknya simetris dan letaknya terpisah dengan gunung lainnya.

ACID LAVA, Lava yang kandungan silikanya tinggi.

ACID RAIN, Hujan asam. Terjadi karena polusi udara akibat industri alisasi dan banyaknya kendaraan bermotor. Indikasi hujan asamialah makin banyaknya oksida belerang dan oksid nitrogen yang berada di udara dengan semakin meningkatnya jumlah industri dalam suatu negara. Hujan asam akan mengikis bangunan-bangunan gedung dan besi-besi. Hujan asam juga berakibat buruk bagi kelestarain lingkungan hidup dapat menyebabkan matinya tanam-tanaman.

 

 

 

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s